The Secret Garden

The-Secret-Garden-_267674_h500Judul : The Secret Garden

Penulis : Frances Hodgson Burnett

Alih Bahasa : Barokah Ruziati

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan : I, Februari 2010

Tebal : 320 hlm; 20 cm

ISBN : 978-979-22-5490-7

Jika kau bertemu dengan Mary Lennox untuk pertama kalinya, kau akan menganggap dia adalah anak terjelek di India. Tidak ada anak yang paling suka memerintah dan membentak seperti dia. Mary bukanlah anak yang ceria, seperti kebanyakan anak-anak lain. Sampai suatu hari seluruh orang di dalam bungalo Mary terjangkit penyakit mematikan yang merenggut nyawa ayah dan ibunya yang menyebabkan Mary Lennox yatim piatu dan lebih terlupakan lagi.

Singkat cerita, Mary yang sudah tak memiliki siapapun di India harus dikirim ke Misselthwaite Manor dan harus tinggal bersama dengan pamannya, Mr. Archibald Craven, yang sakit-sakitan, bungkuk dan tak pernah tinggal di rumah yang berisi lebih dari seratus kamar untuk dihuni.

Semenjak tinggal di rumah pamannya itu, awalnya Mary tidak tahu menahu tentang sebuah taman yang tempatnya sangat dirahasiakan oleh pamannya. Karena penasaran, Mary pun mencoba mencari tahu tentang keberadaan taman yang kuncinya dikubur di dalam tanah. Sampai suatu hari, Mary menemukan kunci itu dengan bantuan sahabat burungnya. Dan dimulailah petualangan Mary Lennox di rumah barunya bersama dengan orang-orang yang tak pernah dia sangka akan dia temui…

Yah, untuk novel bagus aku kasih sinopsis sedikit, soalnya takut nanti spoiler, ha-ha-ha. Yah, mungkin review disini akan sangat pendek karena kalian tahu kan, buku ini bagus dan Frances Hodgson Burnett adalah penulis klasik favoritku juga dari sekian banyak penulis yang pernah aku baca. Dan kisah anak-anak selalu saja menggugah selera membaca.

Sebenarnya, buku ini sudah selesai terbaca sekitar sebulan yang lalu, tapi karena tidak ada ide untuk menulis review, akhirnya review buku ini mangkrak sampai berdebu. Tapi tak apa, toh akhirnya aku kembali menulis review yang kacang ini.*

Entah kenapa, sejak pertama kali membaca buku karya Madame Hodgson aku jadi selalu berdebar-debar, waktu itu baca A Little Princess dan aku secara gak sadar nangis menggeru-geru akibat ceritanya yang menyedihkan dan sekarang berulang lagi di buku ini. Aku sebenarnya nggak nangis waktu baca buku ini, tapi entah kenapa buku ini bisa membuat aku jadi menggebu-gebu untuk terus membaca, semacam terpacu adrenalin untuk menyelsaikan buku ini dengan amat sangat cepat.

OK, back to review!

Madame Hodgson menulis cerita yang sangat bagus, akan lebih bagus lagi kalau kita membacanya dalam bahasa aslinya, yaitu Bahasa Inggris. Entah kenapa, aku kurang sreg sama terjemahan Bahasa Indonesia buku ini, ada beberapa bahasa yang memang seharusnya beda dengan Bahasa Inggris, seperti Bahasa Yorkshire. Sebenarnya aku juga nggak ngerti sama Bahasa Yorkshire, tapi mau bagaimana lagi, lebih baik membaca yang asli daripada baca yang Bahasa Indonesia tapi rancu. Dan lagi yang disayangkan adalah cover buku yang kurang menarik minat anak-anak untuk membelinya. Meskipun ini buku klasik, tapi kan ini bercerita tentang dunia anak-anak dan kenapa harus diberi warna coklat dan gambar Mary di cover itu nggak cocok sama karakter tokoh yang ada dalam bukunya.

Tapi menurutku, bentuk visual dan segala macemnya itu gak mempengaruhi minatku untuk membeli buku ini karena cerita yang disuguhkan oleh penulis juga memiliki tema yang unik dan gak semua penulis bisa nulis cerita anak-anak yang punya makna sedalem novel remaja maupun dewasa lainnya. Dan buku ini adalah sedikit buku yang bikin aku sadar untuk menerima segala pemberian Tuhan dan terus berusaha untuk bangkit meskipun itu susah bangat untuk dijalani. Aku seneng banget pernah baca buku ini dala hidupku dan aku sama sekali nggak menyesal jadi fansnya Madame Hodgson.

Pokoknya buku ini adalah karya happy forever after dan long last as a inspirational book menurutku dan cocok banget dibaca oleh siapapun yang mau belajar memulai debut sebagai pembaca buku klasik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s